Minggu, 19 April 2015

pengertian osmoregulasi



Soal :
1.        Jelaskan pengertian dari osmoregulasi...!
2.        Ada dua macam regulasi osmotik, sebut dan jelaskan...!
3.        Dalam osmoregulasi dikenal 3 pola regulasi, sebut dan jelaskan...!
4.        Sebutkan 3 perbedaan sistem osmoregulasi pada ikan air tawar dan air laut...!

Jawaban :
1.                  Osmoregulasi adalah proses mengatur konsentrasi cairan dan menyeimbangkan pemasukan serta pengeluaran cairan tubuh oleh sel atau organisme hidup.
Proses osmoregulasi diperlukan karena adanya perbedaan konsentrasi cairan tubuh dengan lingkungan disekitarnya. Jika sebuah sel menerima terlalu banyak air maka ia akan meletus, begitu pula sebaliknya, jika terlalu sedikit air, maka sel akan mengerut dan mati. Osmoregulasi juga berfungsi ganda sebagai sarana untuk membuang zat-zat yang tidak diperlukan oleh sel atau organisme hidup.
Sumber :

2.                  Ada dua macam regulasi osmotik, yaitu regulasi hipoosmotik dan regulasi hiperosmotik.
·              Pada regulator hipoosmotik misalnya ikan laut, hewan ini selalu mempertahankan konsentrasi cairan tubuhnya lebih rendah dari mediumnya (air laut).
·              Pada regulator hiperosmotik, misalnya ikan air tawar, hewan ini selalu mempertahankan konsentrasi cairan tubuhnya lebih tinggi daripada mediumnya (air tawar).
Sumber :

3.                  Ada tiga pola regulasi, yaitu :
a.    Regulasi hipertonik atau hiperosmotik, yaitu pengaturan secara aktif konsentrasi cairan tubuh yang lebih tinggi dari konsentrasi media, misal: pada potadrom (ikan air tawar) Potadrom mempertahankan konsentrasi cairan tubuhnya dengan mengurangi minum danmemperbanyak urineOsmoregulasi beberapa golongan ikan (Telesostei).
b.     Regulasi hipotonik atau hipoosmotik, yaitu pengaturan secara aktif konsentrasi cairan tubuh yang lebih rendah dari konsentrasi media, misal: pada oseandrom (ikan air laut), Oseanodrom memperbanyak minum dan mengurangi volume urine. Diadrom, melakukan aktivitas osmoregulasi seperti petadrom bila berada di air tawar dan seperti oseanodrom bila berada di air laut.

c.      Regulasi isotonik atau isoosmotik, yaitu bila konsentrasi cairan tubuh sama dengan konsentrasi media, misalnya ikan-ikan pada daerah estuarine (ikan eurihaline) contohnya Ikan eurihalin, konsentrasi cairan tubuhnya hampir sama dengan lingkungannya, sehingga hanya sedikit melakukan osmoregulasi.
Sumber :

4.         Perbedaan sistem osmoregulasi pada ikan air tawar dan air laut :
·         Ikan air tawar
·         Ikan air laut

Sedikit minum air
Banyak minum air
Pengeluaran urine banyak dan encer
Pengeluaran urine sedikit dan pekat

Mempertahan garam dalam tubuhnya
Aktif mengeluarkan garam dalam tubuhnya





            Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar